Sunday, May 06, 2007

Hidup Bebas dari Sakit Kepala!

Sakit kepala memang tak kalah meresahkan dengan sakit gigi. Hidup Anda tidak akan indah lagi jika memulu diserang sakit kepala. Mungkin tidak cuma bisa menggagalkan kencan pertama Anda, tetapi juga pertemuan atau acara penting lainnya. Mungkin Anda sering memikirkan darimana asal datangnya sakit kepala tersebut, tetapi Anda mungkin tidak menyadarinya bahwa ia datang dari kebiasaan-kebiasaan hidup sehari-hari Anda seperti, kurang tidur, pola makan Anda, dan sebaginya.

Berikut adalah tips-tips agar Anda terhindar dari gangguan sakit kepala:

- Hindari mata tegang.
Jangan bekerja di tempat yang teramat terang. hal ini akan membuat mata Anda cepat lelah karena terlalu silau. Gunakan kacamata atau lensa kontak jika diperlukan.

- Tidur yang cukup.
Baik secara kualitas maupun kuantitas yang Anda perlukan untuk bisa merasa segar dan selalu siaga.

- Utamakan kenyaman.
Pilih tempat yang nyaman untuk bekerja, dan pilih pula kursi yang cukup nyaman untuk diduduki dalam waktu lama. Lakukan peregangan secara rutin jika pekerjaan Anda menuntut Anda untuk duduk dalam waktu yang lama. Pastikan juga ruang kerja dan rumah Anda cukup memiliki ventilasi udara.

- Periksa gigi secara teratur.
Sakit kepala ataupun pusing yang sering Anda alami besar kemungkinan bersumber dari masalah gigi.

- Jaga kesehatan.
Sakit kepala bisa disebabkan oleh kondisi medis seperti demam. Periksa jika Anda mengalami infeksi sinus dan alergi.

- Perhatikan menu makan Anda.
Cokelat, anggur, dan keju yang sudah terlalu lama juga bisa mencetuskan sakit kepala. hindari mengonsumsi makanan dan minuman yang terlalu dingin. Selain itu, hindari pula makanan-makanan yang memacu darah tinggi atau mengandung kolesterol yang tinggi.

- Cukupkan cairan.
Minum sekurang-kurangnya 8 gelas air atau cairan lain sehari untuk menghidari dehidrasi.

- Konsultasikan.
Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut, kontak dokter atau pakar kesehatan lainnya sebelum melakukan aktivitas yang berhubungan dengan kesehatan dan diet.

No comments: