Wednesday, May 30, 2007

Hal yang harus diperhatikan bagi penderita maag


Satu pedoman yang harus dipenuhi para penderita maag adalah mengendalikan nafsu makanan yang boleh dikomsumsi. Sebaiknya pengaturan makan disesuaikan dengan tingkat penyakit, karena itu perlu konsultasi ke dokter dan ahli gizi.

Berikut beberapa hal yang layak diperhatikan:

- Harus mengonsumsi makanan yang bergizi dan sehat.
- Hindari makanan atau minuman yang sifatnya mengiritasi atau merangsang lambung atau duodenum (usus 12 jari) seperti makanan yang terlalu pedas, asam, berlemak (gorengan), mengandung cuka, buah tertentu seperti durian, nangka, nanas, dan sejenisnya, juga sayuran bergas seperti sawi dan kol.
_ Makanlah secara teratur pada jam tertentu. Mulai makan pada pagi hari pukul tujuh. Atur tiga kali makan lengkap dan tiga kali camilan. Yang jelas, tiap tiga jam sekali perut harus diisi makanan.
- Makan dengan tenag. Jangan terburu-buru. Kunyah makanan hingga hancur dan lumat menjadi butiran lembut.
- Makan dalam porsi secukupnya saja. Jangan biarkan perut kosong. Sebaliknya, jangan sampai kekenyangan!
- Pilih makanan lunak atau lembek, yang dimasak dengan cara direbus, disemur, atau ditim. Bahan makanan sebaiknya tidak digoreng karena akan keras dan sulit dicerna.
- Hindari mengonsumsi makanan panas.
- Jangan minum alkohol atau minuman keras, kopi, soda, minuman asam, teh kental. Kurangi rokok atau kalo bisa jangan merokok.
- Dianjurkan minum susu. Selain bisa menetralkan asam lambung yang berlebih, susu mengandung banyak protein dan kalsium yang sangat berguna bagi regenerasi sel.
- Hindari asupan obat yang menimbulkan iritasi lambung seperti aspirin, vitamin C, dsb.

No comments: