Friday, August 29, 2008

Capai Berat Badan Ideal Tanpa Harus Berdiet

Saat ini telah tersedia berbagai makanan dengan kelezatan yang menggoda, membuat orang ingin selalu mengkonsumsinya, ini yang sering membuat berat badan menjadi tidak terkontrol. Makan juga menjadi suatu kesenangan dalam hidup, sehingga sering orang mengkonsumsi makanan yang disukainya saja dan lupa mengkonsumsi makanan secara sehat dan seimbang.

Makanan yang sehat dan seimbang akan membuat kita terhindar dari penyakit-penyakit berat, seperti diabetes, stroke dan penyakit jantung. Cobalah untuk mengkonsumsi makanan sehat yang disukai daripada melakukan diet ketat untuk menurunkan berat badan. Beberapa jenis makanan ini dapat dikonsumsi tanpa takut akan meningkatkan berat badan, bahkan baik jika dikonsumsi dalam jumlah besar. Makanan itu antara lain:

* Sayur dan buah-buahan, sebaiknya dikonsumsi sedikitnya 5-7 porsi sehari.

* Konsumsi berbagai jenis biji-bijian sebaiknya biji-bijian dalam bentuk utuh, juga polong-polongan.

* Konsumsi lebih banyak ikan dan daging tanpa lemak.


Sedang makanan yang harus dihindari antara lain:

* Makanan yang mengandung kalori tinggi tapi nilai gizinya rendah seperti kue, minuman ringan dan lain-lain.

* Makanan yang mengandung tinggi lemak hewani dan kolesterol seperti susu tinggi lemak, daging yang banyak lemaknya, mentega dan lain-lain.

* Hindari menggoreng makanan karena akan meningkatkan kandungan lemaknya. Masaklah makanan dengan cara direbus, dikukus/tim atau dipanggang.

* Kurangi konsumsi garam, terutama pada penderita tekanan darah tinggi.

* Juga jangan lupa untuk mengurangi konsumsi minuman beralkohol.

[Sumber: Pontianakpost]

No comments: